Awalnya saya bingung dengan istilah eksplorasi,
elaborasi dan konfirmasi yang saya jumpai dalam RPP berkarakter saat ini. Saya
sempat menanyakan maksud dari ketiga istilah tersebut kepada beberapa rekan
guru tapi jawaban yang saya peroleh belum memuaskan. Untuk mengetahui lebih
mendalam tentang maksud dari eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi serta
kegiatan-kegiatan yang termaksud didalamnya saya berusaha mencari informasi
melalui media internet. Hal yang sama mungkin pernah dialami oleh beberapa
guru-guru diberbagai wilayah di Indonesia, untuk itu saya berusaha menuangkan
kembali apa yang saya peroleh melalui postingan kali ini.
A. Definisi
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
Dalam kamus bahasan Indonesia eksplorasi,
elaborasi dan konfirmasi memiliki pengertian
a. eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman
baru dari situasi yang baru
b. elaborasi adalah pengarapan secara tekun dan
cermat
c. Konfirmasi adalah pembenaran, penegasan,
pengesahan
B. Pengaplikasian
dalam RPP
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun
informasi, menggunakan, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman
mengelolah informasi, memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta
didik aktif, mendorong peserta didik mengamati gejala, menangkap tanda-tanda
yang membedakan dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek dilapangan
dan laboratorium.
Kegiatan guru dan
peserta didik dalam siklus eksplorasi adalah:
a.
Peserta didik
-
Membentuk
kelompok kecil dan bersama teman kelompoknya menelusuri informasi yang mereka
butuhkan dan merumuskan masalah
-
Mengali
informasi melalui membaca, berdiskusi atau melakukan percobaan (eksperimen)
-
Mengumpulkan
dan mengolah data
b.
Guru
-
Menggunakan
berbagai macam pendekatan atau media pembelajaran
-
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan
peserta didik lainnya maupun peserta didik dengan sumber belajar
-
Melibatkan
peserta didik secara aktif
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik untuk menulis hasil yang
diperoleh melalui kegiatan eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat untuk
lebih mendalami sesuatu. Menganilisi kekuatan atau kelemahan argument, mendalami
pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif
dan kolaborasi, menguji prediksi atau hipotesis, menyusun laporan atau tulisan,
menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan
peserta didik dalam siklus elaborasi:
1.
Peserta didik
-
Melaporkan
hasil yang diperoleh melalui kegiatan eksplorasi secara lisan maupun tertulis
baik secara individu maupu kelompok
-
Menanggapi
laporan atau pendapat teman.
-
Menyampaikan
argument secara santun
-
Mendiskusikan
dan mengadakan Tanya jawab
2.
Guru
- Memfasilitasi
peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, memecahkan masalah,
bertindak tanpa rasa takut
- Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tulisan.
- Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja baik secara individu maupun
kelompok.
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan
atau dikerjakan oleh peserta didik melalui pengalaman belajar. Memberi
apresiasi terhadap kelemahan atau kekuatan dengan menggunakan teori yang
dikuasai oleh guru, menambaha informasi yang seharusnya dikuasai oleh peserta
didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari
sumber yang dipercaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar
lebih bermakna, setelah memperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan
tugas-tugas untuk menghasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual.
Guru membantu peserta didik menyelesaikan masalah dan menerapkan ilmu dalam
aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan
peserta didik dalam siklus konfirmasi
1.
Peserta didik
- Melakukan
refleksi terhadap pengalaman belajar
- Mengkonfirmasi
terhadap unsur-unsur yang dapat meningkatkan kejelasan atau kebenaran suatu
informasi
- Mengadakan
Tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentan suatu konsep
2.
Guru
-
Memberikan
umpan balik positif kepada peserta didik dan penguatan dalam bentuk lisan
maupun tertulis
- Berperan
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjelaskan pertanyaan yang diajukan
oleh peserta didik
-
Memberikan
acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
1 komentar:
masya allah makasih banyak ya ats penjelasannya.
Posting Komentar